selamat

Selamat datang di smp takhasus tumiyang sumber ilmunya daerah pekuncen dan sekitarnya, terima kasih atas kunjungan anda

Jumat, 01 April 2011

kesiswaan

BIMBINGAN KONSELING
Bimbingan dan Penyuluhan di smp takhassus alquran pekuncen adalah salah satu bagian dalam proses pendidikan di smp yang ditangani oleh petugas khusus untuk membantu masing-masing siswa, agar mereka dapat mencapai tujuan pendidikanya secara efektif. Tugasnya antara lain :

Membantu pimpinan seolah dan staf pengajar dalam menciptakan suasana sekolah yang menunjang kelancaran belajar mengajar, memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada para siswa, dan sebagainya, dan mengumpulkan informasi-informasi dari masyarakat yang bermanfaat bagi siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar.

Adapun pelaksanaan tugas-tugas itu antara lain bersifat :

A. Preventif : yaitu usaha-usaha supaya jangan sampai terjadi keslitan pada siswa, baik secara individu maupun kelompok.

Tugasnya meliputi :

* Memberi orientasi kepada siswa baru, yaitu dengan memberikan informasi tentang keadaan dan tata tertib sekolah.
* Mengadakan buku pribadi yang memuat keterangan tantang diri siswa.
* Memberi penyuluhan tenang cara belajar yang baik.
* Mengadakan diskusi siswa, baik secara individual maupun kelompok tentang kesulitan-kesulitan sekolah.
* Mengadakan hubungan antara siswa dengan guru dengan menggunakan sarana kotak masalah.
* Mengadakan hubungan dengan orang tua/wali siswa demi kemajuan anaknya.
* Mengadakan hubungan dengan staf pengajar maupun instansi-instansi lain, demi kemajuan siswa di sekolah.
* Mengadakan penyuluhan untuk membangkitkan semangat belajar, agar dapat menyesuaikan diri dan membuat keputusan yang tepat.
* Kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan Bimbingan karir dan Penyuluhan termasuk kegiatan OSIS, Pramuka, PMR, dan ekstra kurikuler lainnya.



B. Kuratif : yaitu usaha dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh seorang siswa maupun kelompok siswa.

Usaha ini antara lain :

* Memanggil siswa untuk berkonsultasi mengenai berbagi penyebab masalah kegagalan dalam mengatasi : masalah prestasi belajar, masalah kerajinan, masalah tingkah laku dan masalah lainnya.
* Mengadakan kunjungan rumah guna memberi informasi kepada orang tua/wali tentang anaknya, dan meminta kerja sama orang tua/wali dalam ikut membantu pemecahan masalah anaknya di rumah maupun di sekolah.
* Bagi siswa yang terlalu parah keadaannya, diambil langkah-langkah : dilaporkan kepada guru yang bersangkutan, wali kelas, kepala sekolah dan orang tua/wali, agar mendapat perhatian khusus dan penyelesaian yang tepat.
* Memberikan bimbingan khusus kepada siswa yang nilainya kurang serta prestasinya jelek, agar merubah cara-cara belajarnya. Juga siswa yang berprestasi tinggi diberi bimbingan khusus pula.

Semua dapat berhasil dengan baik, bila ada kerja sama yang baik antara staf pembimbing, staf pengajar dan orang tua/wali murid. Kalau ada hal-hal yang kurang beres cepat memberi informasi kepada pihak-pihak yang dapat membantu.
Yang paling penting ialah adanya contoh dan teladan oleh semua pihak baik guru, staf pimpinan, terutama orang tua/wali dan keluarga siswa sendiri. Sebab apa yang dapat mempengaruhi siswa tidak hanya sekolah, melainkan juga rumah tangga dan masyarakat, maka sumber-sumber pendidikan yang perlu kita terapkan dan perlu kita arahkan sedapat mungkin juga berada di sekolah, di rumah dan di dalam masyarakat.

1 komentar:

  1. perpustakaannya sudah berapa koleksi bukunya pakk...atau bu...???mtrnuwun..

    BalasHapus